Senin, 26 Oktober 2015

Langkah penulisan / publikasi blog :


Langkah penulisan / publikasi blog :

Nama Kelompok :
1. Nurul isnaini.
2. Siti Aisyah Putri C.
3. Putri.
4. Bella Sakinah.
5. M.Reironald I
6. Faiz Albar Risi

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Kelas /Semester : IX-5/Ganjil

Guru Pengampu : Fristhya Pratiwi .S.Pd

Nama Sekolah : SMPN 42 Batam

Soal Tugas 1 :

1. Baca Teks "Remaja dan Game Online"
2. Cara deskripsi makna kata sulit ( hal 105 ) di KBBI, kemudian buatlah kalimatnya.
3. Identifikasi struktur teksnya ( Resume, Deskripsi kelebihan atau kekurangan, Judgement atau Penilaian keseluruhan, sertakan gagasan utama masing-masing struktur.

Remaja dan Game Online

Kemajuan terknologi informasi membuat banyak perubahan, termasuk perkembangan game online di internet. Banyak anak-anak dan remaja menghabiskan waktunya di depan komputer atau telepon pintar untuk menyalurkan hobi bermain game online. Hal itu tentu membawa dampak dan pengaruh terhadap anak dan lingkungannya.
      Game online banyak dimainkan oleh anak-anak dan remaja terutama di kota-kota besar. Game online dapat memenuhi hasrat dan hobi mereka. Akan tetapi banyak hal-hal yang berdampak kurang baik dari game online ini. Berikut ini hal-hal yang dapat mempengaruhi anak dan lingkungan jika anak dan remaja bermain game online secara berlebihan. Tidak sedikit game online yang mengusung tema kekerasan. Game-game ini menyertakan unsur kekerasan, kekejaman, dan tindakan lainnya yang sebenarnya tidak disarankan untuk dilihat secara langsung oleh anak-anak.
      Banyak game online yang isinya tidak pantas untuk dikonsumsi anak-anak. Wanita yang berpakaian tidak pantas dan terbuka sudah lazim ditemui di game-game yang beredar. Anak yang bermain game online secara berlebihan dapat membuat anak itu jadi tidak bisa lepas dari kehidupan yang dijalaninya. Oleh karna itu, banyak diantara mereka mengabaikan kehidupan nyata. Kesehatan mata, kebugaran fisik, dan pola hidup sehat menjadi dampak yang tidak dapat dihindari apabila anak-anak terlalul banyak menghabiskan waktu untuk bermain game online.
     Pendapat yang telah disajikan itu mungkin benar. Akan tetapi, alasan-alasan yang disajikan tentu tidak boleh berdasarkan asumsi. Kajian secara komprehensif dipertanggung jawabkan secara akademis sangat diperlukan. Akan tetapi banyak juga sisi positif yang diperoleh anak jika mereka bermain game online secara tidak berlebihan. Ada beberapa alasan yang dapat diterima jika game online dijadikan hobi anak-anak dan remaja kita.
     Alasan pertama, greenfield mengatakan bahwa game online dapat mempengaruhi kemampuan anak ke arah positif seperti merangsang saraf motorik mereka dalam berkreasi, melatih keterampilan tangan, koordinasi motoric mata, dan tangan menjadi lebih terlatih, merangsang kemampuan mereka dalam berstrategi, dan merangsang kemampuan mereka berfikir untuk memecahkan masalah.
     Alasan berikutnya adalah data yang menyatakan bahwa ada korelasi negatif, yaitu anak yang bermain game online menjadi tidak peduli dangan lingkungan. Anak hanya peduli dangan diri sendiri. Penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Indonesia (UI) pada 2009 mengatakan bahwa ada hubungan antara kencenderungan korelasi negatif yang siknifikan antara kencenderungan game online dangan sensitivitas emosional serta ekspresi sosial.
     Kesehatan mata,kebugaran fisik, pola hidup sehatdapat diselesaikan jika orang tua dan anak-anak selalu berkomunikasi, memahami apa itu hobi, serta kapan dan dimana anak harus bermain game online secara propesional dan bertanggung jawab Secara umum saya sebagai penanggap sepakat dengan alasan yang mengatakan bahwa game online memiliki dampak negatif. Akan tetapi, alasan-alasan tersebut perlu dikaji secara akademis. Banyak juga dampak positif yang diterima anak dan lingkungannya jika bermain game online secara propesional dan bertanggung jawab.
     Untuk hal itu, peran orang tua dalam memberikan arahan dan bimbingan tentang kewajiban belajar dan kesadaran pemenuhan hobi memiliki proposi masing-masing. Penggunaan internet secara sehat sangat penting dan diperlukan. Akan tetapi, penyaluran hobi yang positif perlu terus didukung.

Soal Tugas 2 : Menyusun Teks Tanggapan Kritis
  1. Tentukan tema yang akan aku susun.
  2. Kembangkan tema menjadi kalimat dengan kata-katamu sendiri.
  3. Susun teks,menjadi teks yang urut dan logis.Sertakan struktur teks tanggapan kritis pada teks yang kamu susun.
  4. Perhatikan penggunaan EYD yang baik dan benar.
Pergaulan Bebas Masa Kini
               Pada masa kini, pergaulan mulai menyebar baik dari sosial maupun dunia nyata. Banyak remaja yang berusaha memperbanyak pertemanan mereka dari yang belum dikenal hingga yang dikenalkan. Padahal, bisa saja diantaranya merupakan orang kriminal. Tetapi, ada juga yang bisa menjadi teman baik remaja itu sendiri.
               Pada orang tua juga sudah menghimbau para anak-anak mereka agar berhati-hati dapat menyebabkan akibat yang fatal. Namun, masih ada saja remaja yang tidak menuruti perkataan orang tuanya sendiri.
               Jika dilihat mempunyai banyak teman dan pandai bergaul itu sangat bagus. Terlebih lagi bukan hanya di sosial media tapi juga didunia nyata. Tetapi, banyak orang yang memanfaatkan sosial media sebagai bahan tindak kriminal. Yang menyebabkan banyak korban yang hilang.
               Akibat berteman disosial media dengan orang yang tidak jelas.
               Pada intinya, kita harus tetap tetap berhati-hati dalam berteman. Boleh saya berteman. Tetapi, bertemanlah dengan orang yang bisa saling membantu dalam hal-hal positif.
               Jadi, kita harus menggunakan berteman dengan yang baik-baik jangan berteman dengan orang yang pergaulannya bebas. karena bisa menjerumuskan kita kedalam hal-hal yang tidak diinginkan.
               Itulah berberapa sebab akibat dari pergaulan masa kini. Sehingga kita harus benar-benar menjaga pergaulan demi masa depan kita.

0 komentar:

Posting Komentar